SEMARANG (Nayantaka.id) – Selama ini permainan dipandang sebagai metode untuk menghilangkan stres dan penat setelah melakukan pekerjaan berat atau sekadar untuk mengisi waktu luang saat santai. Namun, disisi lain permainan memiliki andil besar dalam membangun sebuah perusahaan yang sehat. Metode ini disebut dengan gamification. Gamification adalah teknik memproyeksikan apa yang terjadi di masa mendatang bagi perusahaan dengan cara-cara unik. Atau dengan kata lain gamification ialah menerapkan aturan permainan untuk konteks non-permainan.
Misalnya untuk pengembangan perusahaan baik peningkatan kinerja hingga peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada. Salah satu alasan utama perusahaan perlu menerapkan gamification adalah untuk memberikan dampak positif dalam memberikan kemajuan perusahaan. Manfaatnya baik langsung maupun tidak langsung karyawan di dalam perusahaan menjadi memiliki daya saing. Mereka akan bersaing untuk menjadi yang terbaik.
Adapun manfaat bila perusahaan menerapkan gamification ini :
- Lebih Menjangkau Pengguna dan Konsumen
Konsumen dan pengguna adalah hal paling penting dalam sebuah perusahaan. Jika diibaratkan, konsumen maupun pengguna adalah tulang punggung perusahaan agar tetap berjalan dari segi pemasukan. Semakin dekat interaksi perusahaan dengan konsumen atau pengguna, maka tingkat loyalitasnya bisa semakin tinggi. Khususnya untuk pengguna baru yang belum memahami fitur-fitur atau layanan yang diberikan perusahaan.
- Membantu Perancangan Strategi Perusahaan
Adanya gamification juga bisa membantu dalam merancang strategi pada perusahaan. Manfaat ini bagi karyawan adalah mengajak bagaimana memecahkan suatu masalah yang dihadapi oleh perusahaan di masa-masa kritis semisalnya. Atau bagaimana caranya untuk meningkatkan penjualan dengan melakukan negosiasi dengan klien maupun konsumen yang potensial. Dari permainan-permainan seperti inilah Anda sebagai seorang pimpinan perusahaan akan mendapatkan gambaran langkah apa yang harus dijadikan strategi selanjutnya dalam keberlangsungan hidup perusahaan.
- Memotivasi Karyawan
Manfaat berikutnya dari gamification adalah untuk memotivasi karyawan dalam sebuah perusahaan. Langkah ini juga bisa menjadi cara baru dalam mengelola sumber daya manusia terutama meningkatkan kinerjanya. Mengelola sumber daya manusia atau karyawan dengan cara lama seperti memberikan arahan tentu sangatlah membosankan.
Beberapa perusahaan menerapkan gamification ini dan terbukti berhasil memotivasi karyawan terbaiknya. Nike contohnya yang menerapkan pola gamification yang mereka sebut ‘Ekin’. ‘Ekin’ bila dibalik menjadi Nike. Program seperti ini diajarkan Nike untuk lebih mengenal sejarah perusahaan dan memiliki rasa sense of belonging perusahaan. Selain itu, mereka tidak hanya mencintai brand sendiri tetapi juga menularkan kecintaan ini kepada konsumen. Jadi, ada hubungan timbal balik dan memberikan manfaat bagi karyawan untuk meningkatkan semangat kerja memberikan yang terbaik.
- Menumbuhkan Inovasi Baru
Selain dapat menumbuhkan motivasi, gamification diyakini mampu menumbuhkan inovasi dan kreativitas bagi diri karyawan.
- Proses Perekrutan dan Pelatihan Lebih Mudah
Terakhir manfaat besar yang didapatkan dari gamification adalah mempermudah perusahaan dalam mencari talenta terbaik. Cara unik seperti ini pernah dilakukan oleh biro intelijen dan keamanan di Inggris GCHQ yang membuat kode pesan misterius saat merekrut mata-mata terbaik.
Kandidat yang ada haruslah mengetahui isi pesan tersembunyi itu untuk bisa melanjutkan proses seleksi selanjutnya. GCHQ dapat menentukan siapa kandidat terbaik melalui tes dan permainan ini.
Gamification adalah strategi yang out of the box dan memiliki keuntungan dalam meningkatkan kinerja dan membuat perusahaan menjadi lebih baik. Selain gamification, kinerja perusahaan di era teknologi dapat meningkat dengan memanfaatkan teknologi internet maupun sosial media yang ada. Untuk hal satu ini memang diperlukan adanya provider yang bisa menunjang kestabilan dan kelancaran jaringan, GMEDIA bisa menjadi solusinya.
Be First to Comment